Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Akademi Komunikasi Radya Binatama (AKRB) sebagai institusi pelaksana dalam pengembangan di bidang Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat. Lembaga ini dituntut untuk berperan aktif dalam menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan terbaik di bidang komunikasi dan ke berbasis Creativepreneur, sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dukungan yang diberikan oleh LPPM sebagai lembaga yang melaksanakan riset dan pengabdian kepada masyarakat yaitu dengan menghasilkan penelitian sesuai prioritas Lokal dan Nasional yang menjamin pengembangan penelitian unggulan, meningkatkan mutu penelitian yang relevan bagi masyarakat, meningkatkan karya ilmiah dosen di dalam jurnal nasional dan terakreditasi, dan meningkatkan perolehan HKI. Penelitian yang dilakukan harus mampu menciptakan inovasi teknologi komunikasi dan informasi dalam penyiaran dan dapat memberikan manfaat secara akademik, maupun sosial.

Sesuai dengan pasal 20 Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dimana secara tegas menyatakan bahwa perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

LPPM menetapkan tujuan yang ingin dicapai sebagai berikut.

  1. Terwujudnya penemuan, pengembangan, dan penyebarluasan ilmu pengetahuan terutama dalam bidang ilmu komunikasi yang mendukung pembangunan daerah dan nasional, serta berkontribusi pada pemecahan masalah lokal dan nasional.
  2. Terwujudnya penelitian dan pengembangan yang mempunyai keunggula n dan bermanfaat bagi dunia pendidikan dan masyarakat umum.
  3. Terwujudnya diseminasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan dalam bentuk penerbitan, publikasi, karya audio visual atau program yang bermanfaat bagi kehidupan lokal, nasional, dan kemanusiaan
  4. Terselenggaranya kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang mendorong pengembangan potensi manusia, masyarakat, dan lingkungan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat, khususnya pada bidang ilmu komunikasi.
  5. Terwujudnya tata kelola bidang penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang handal dan terpercaya.
Bagikan :